UMKM harus go digital agar dapat beradaptasi akan kemajuan zaman yang terus berkembang. Pertama adalah tuntutan zaman. Dewasa ini, internet sudah menjadi hal yang umum bagi sebagian khalayak umum. Sebanyak 82% mencari informasi mengenai toko di sekitarnya dengan menggunakan mesin penelusuran semacam google. (Source: Soemanagara, Dewi Fadhilah (2019, Maret 11). Fokus. Source : MNews).


Kedua, UMKM harus beradaptasi agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman. Sementara itu, UMKM sudah menjadi salah satu tulang punggung perekonomian negara. Pada tahun 2018, UMKM menyumbang terhadap PDB hingga 60,34%. Tak hanya itu, UMKM bisa mengentaskan jurang kemiskinan dengan menyediakan lebih banyak lapangan kerja. Sementara, masih banyak UMKM yang belum go online. Pelaku UMKM di Indonesia baru 5 persen yang sudah go online.(source: Nurhayat, Wiji (2019. Februari, 13). Source : Kumparan Bisnis).

Mengurangi biaya operasional. Lebih fleksibel dan efisien dalam bertransaksi jual beli. Menjangkau pasar yang tak terbatas secara global. Meningkatkan omset pelaku usaha yang kemudian dapat sekaligus menyerap banyak tenaga kerja.

Ada 3 tingkat kemampuan bisnis dalam literasi digital: Tingkatan Pertama adalah Basic online biasanya hanya mengandalkan media sosial, sedangkan yang kedua adalah intermediate yang artinya sudah punya website sendiri, dan terakhir, advanced adalah UMKM yang sudah memaksimalkan seluruh aset digital yang dimilikinya secara keseluruhan. Aset digital ini dapat berupa gambar maupun tulisan yang dan mencakup website, sosial media, online marketplace, forum digital, dan digital bisnis profile. (Source: Soemanagara, Dewi Fadhilah (2019, Maret 11). Fokus. https://mnews.co.id/read/fokus/ini-alasan-umkm-harus-go-digital dan Redaksi indotrading News. 2019. Ekonomi & Bisnis. Source : M-News)

Kalau di Gomodo sendiri, semua yang disediakan di platform ini bisa menjadi aset digital Anda di kemudian hari. Contohnya, sistem pemesanan dan pembayaran online termasuk kartu kredit dan Alfamart, pengajuan iklan digital dengan cara yang mudah dan sederhana, serta pengiriman e-invoice yang sangat praktis. Gomodo pun berencana membantu sistem pendistribusian dengan menyalurkan jasa wisata para providernya ke berbagai pihak OTA (Online Travel Agency) yang ada di seluruh dunia.

Menurut indotrading, aset digital ini dapat berupa gambar maupun tulisan yang berada dalam sebuah perangkat teknologi, di mana aset ini bisa diformat dalam bentuk binary. Macam-macam aset digital tersebut mencakup website, sosial media, online marketplace, forum digital, dan digital bisnis profile. (Source: Indotrading)

Kalau di Gomodo sendiri, semua yang disediakan di platform ini bisa menjadi aset digital Anda di kemudian hari. Contohnya, sistem pemesanan dan pembayaran online termasuk kartu kredit dan Alfamart, pengajuan iklan digital dengan cara yang mudah dan sederhana, pengiriman e-invoice yang sangat praktis. Gomodo pun berencana membantu sistem pendistribusian dengan menyalurkan produk para providernya ke hampir seluruh OTA (Online Travel Agency) yang ada di seluruh dunia. Hal ini pun memerlukan pemahaman kedua belah pihak (Provider dan Gomodo) akan arti pentingnya sistem pendistribusian untuk perkembangan bisnis, khususnya UMKM, yang ada di Indonesia.

Permodalan, sumber daya manusia (SDM), dan jaringan pasar.

Pilih platform terbaik yang bisa memberikan segala kebutuhan usaha Anda untuk go digital. Contohnya Gomodo, yang menyediakan website sekaligus booking engine dan payment system secara gratis. Booking engine dan payment system mampu mempermudah pelanggan dalam bertransaksi sebagaimana halnya manfaat go digital.

SDM maksudnya adalah masih kurangnya pemahaman teknologi bagi para pelaku UMKM. Selain mengetahui 3 tahap go digital, pelaku UMKM juga harus bisa memanfaatkan segala aspek digital agar dapat memaksimalkan potensi usahanya di pasar global.

Setiap proses perkembangan selalu ada resiko. Maka dari itu, kita harus benar-benar sadar teknologi untuk memaksimalkan transformasi UMKM ke ranah digital. Strategi digital juga penting untuk diketahui. Kita diharuskan tak hanya memiliki website saja yang memberikan kemudahan informasi kepada para pelanggan, tetapi juga kemudahan akses untuk memesan serta membayar secara online. Dalam tahap Advanced, UMKM diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan aset digital yang dimiliki. Hal ini juga bagian dari mengurangi segala resiko digital yang mungkin saja terjadi.

Yah memang ribet, maka dari itu Gomodo hadir memberikan solusi. Dalam beberapa menit sudah bisa go online, langsung jualan jasa dan wisata secara online, terima pembayaran non-tunai, dll. Gratis pula!

Pendampingan pembelajaran teknologi juga sangatlah penting. Pemerintah juga tengah berupaya untuk memberikan pengetahuan digital untuk UMKM negeri. Pelatihan dan penyuluhan pun sudah mulai banyak digalakkan. Gomodo juga memiliki visi-misi yang sama, sehingga kami dengan senang hati akan ikut terjun membantu, misalnya dengan terus memberikan pengarahan dan workshop digitalisasi kepada UMKM yang ada di seluruh negeri.

Sebuah sistem yang dapat membantu kegiatan untuk menyalurkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar luas.

Dengan Gomodo, Anda nantinya dapat lebih mudah menyalurkan serta mempromosikan jasa dan wisata Anda bahkan sampai internasional baik melalui reseller, partner, maupun agen.